SEO Blog Dasar: Pengertian Search Intent

Posted on 12 views

SEO Blog Dasar: Pengertian Search Intent

SEO adalah cara untuk mendapatkan lebih banyak lalu lintas ke situs web atau blog. Salah satunya memanfaatkan Search Intent. Apa itu Search Intent? Berikut ini pengertian Search Intent dan cara menggunakannya.

SEO dimaksudkan agar blog kita meraih peringkat tinggi di Google atau mesin pencari lainnya. Dengan peringkat tinggi di Google, kita menarik lebih banyak orang ke website atau blog kita.

Akhirnya, tujuan kita mungkin adalah untuk menjual barang-barang atau untuk menarik lebih banyak pengunjung reguler.

Untuk mendapatkan lebih banyak lalu lintas ke blog, kita harus mengoptimalkan konten untuk kata-kata yang digunakan orang. Inilah yang disebut Search Intent.

Namun, untuk meningkatkan peluang Anda menentukan peringkat dan meyakinkan orang untuk membeli barang-barang Anda, berlangganan buletin Anda atau kembali ke situs web Anda di lain waktu, Anda harus mempertimbangkan maksud pencarian.

Di sini, saya akan memberi tahu Anda apa Search Intent dan bagaimana mengoptimalkan artikel Anda untuk maksud pencarian.

Pengertian Search Intent

Secara bahasa, Search Intent artinya “maksud pencarian”. Search Intent (atau user intent, audience intent) adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan tujuan pencarian online.

Itulah alasan mengapa seseorang melakukan pencarian tertentu. Lagipula, semua orang yang melakukan pencarian online berharap menemukan sesuatu.

Apakah seseorang mencari karena mereka memiliki pertanyaan dan ingin jawaban untuk pertanyaan itu? Apakah mereka ingin mengunjungi situs web tertentu? Atau, apakah mereka mencari karena ingin membeli sesuatu?

Banyak dari berbagai jenis pencarian ini merupakan bagian dari perjalanan pengguna.

Selama bertahun-tahun, Google telah bekerja keras untuk meningkatkan algoritma untuk dapat menentukan maksud pencarian orang. Google ingin memberi peringkat halaman yang paling cocok dengan istilah pencarian, serta Search Intent di balik permintaan pencarian tertentu.

Itulah mengapa sangat penting untuk memastikan posting atau halaman Anda sesuai dengan Search Intent audiens Anda.

Jenis-Jenis Search Intent

Ada 4 jenis Search Intent. Ada beberapa jenis maksud penelusuran yang berbeda. Keempat ini paling sering digunakan.

1. Informational Intent: maksud informasi

Pertama, ada maksud informasi. Banyak pencarian di internet dilakukan oleh orang yang mencari informasi. Itu bisa berupa informasi tentang cuaca, informasi tentang mendidik anak-anak, informasi tentang SEO, apa saja.

Orang dengan maksud informasi memiliki pertanyaan tertentu atau ingin tahu lebih banyak tentang topik tertentu.

Anda harus menyadari bahwa pemahaman Google tentang niat lebih dari sekadar menunjukkan hasil yang memberikan informasi tentang istilah tertentu.

Ia tahu, misalnya, bahwa orang yang mencari [saus tomat] mencari resep, bukan untuk sejarah kuliner saus. Ia memahami bahwa kebanyakan orang yang mengetik [Merkuri] mencari planet ini, bukan elemennya. Google bahkan memahami bahwa untuk beberapa istilah, seperti [cara membuat pengumpan burung], sangat mudah untuk memasukkan video dan gambar.

Orang dengan search intent ini bertujuan untuk mencari informasi atas sesuatu. Kata kunci yang biasanya diketikkan adalah –sekadar contoh:

  • Indonesia
  • Apa itu pansos
  • Cara memasak rendang sapi
  • Mengapa bumi itu bulat
  • Cara membuat blog gratis.

2. Navigational Intent: tujuan navigasi

Jenis kedua Search Intent disebut navigational intent atau “niat navigasi”. Orang dengan maksud ini ingin mengunjungi situs web atau blog tertentu.

Misalnya, orang yang mencari [Facebook] biasanya sedang menuju situs Facebook.

Ingatlah, peringkat tinggi untuk istilah navigasi hanya bermanfaat untuk lalu lintas organik Anda jika situs Anda adalah situs yang dicari orang.

Jadi, tujuan utama dari search intent ini adalah untuk menuju ke website tertentu yang sudah diketahui.

Pencari lebih memilih memasukkan kata kunci di Google dibanding mengetik langsung di address bar, baik karena tidak tau/lupa atau alasan kepraktisan.

Contohnya:

  1. Facebook login
  2. Masuk Email Gmail
  3. Tokopedia
  4. Beli domain Niagahoster
  5. Login Youtube

3. Transactional Intent: maksud transaksional

Jenis ketiga dari Search Intent adalah niat transaksional atau untuk transaksi. Banyak orang membeli barang di internet dan menelusuri web untuk menemukan pembelian terbaik.

Orang mencari dengan maksud transaksional ketika tujuan mereka adalah membeli sesuatu.

Jadi, search intent jenis ini mengindikasikan niat pengguna untuk membeli sesuatu secara online atau sekadar cek harga.

Pencari biasanya mengetikkan ini untuk mencari rekomendasi atas barang yang ingin mereka beli. Beberapa contoh yang umum adalah:

  1. Jual makanan kucing Bandung
  2. Toko jual Laptop Acer murah
  3. Jasa website murah Bandung
  4. Jual kucing persia medium
  5. Dokter hewan di Bandung

4. Commercial Investigation: investigasi komersial

Beberapa orang memiliki niat untuk membeli dalam waktu dekat dan menggunakan web untuk melakukan riset.

Mesin cuci apa yang terbaik? Plugin SEO mana yang paling membantu? Orang-orang ini juga memiliki niat transaksional tetapi membutuhkan lebih banyak waktu dan meyakinkan. Jenis intensi pencarian ini biasanya disebut intensi investigasi komersial.

Jadi, bisa dibilang, search intent ini adalah satu tingkat di bawah tipe transactional. Pencari belum memiliki keinginan membeli, namun masih mencari referensi dan perbandingan terkait produk yang menjadi perhatian. Misalnya:

  1. HP 2 jutaan terbaik
  2. Tokopedia vs Lazada
  3. Ulasan Laptop Acer
  4. Rumah makan enak di Bandung
  5. Mobil bekas harga di bawah 50 juta.
Itu dia jenis-jenis Search Intent atau apa maksud pengguna mencari informasi di Google, antara untuk mencari informasi (mengetahui sesuatu), mengunjungi website, belanja online, atau sekadar mencari perbandingan barang/jasa sebelum membeli sesuatu.
Itulah Search Intent yang harus kita “analisis” untuk kemudian diterapkan dalam judul posting atau frasa kata kunci yang kita gunakan dalam postingan.

Keywords Intent: Maksud kata kunci

Kata-kata yang digunakan orang dalam permintaan pencarian mereka akan memberikan wawasan tentang maksud pengguna. Ini juga berlaku sebaliknya, ketika Anda merumuskan kata kunci dengan kata-kata spesifik maksud.

Kata kunci dengan maksud transaksional akan sering berisi kata-kata seperti:

  • membeli
  • Sepakat
  • diskon
  • nama produk

Pencarian informasi dapat (tetapi tidak harus harus) mengandung kata-kata seperti:

  • informasi
  • bagaimana caranya
  • cara terbaik untuk
  • Mengapa
  • Apa arti
  • Isabela adalah

 

Cara Mengoptimalkan Search Intent

Bagaimana cara mengoptimalkan konten Anda untuk maksud pencarian ini?

Anda ingin memastikan bahwa halaman arahan cocok dengan maksud pencarian audiens Anda. Jika orang mencari informasi, Anda tidak ingin memperlihatkan halaman produk kepada mereka.

Setidaknya, tidak segera. Anda mungkin akan menakuti mereka. Jika orang ingin membeli produk Anda, jangan membosankan mereka dengan artikel panjang. Bawa mereka ke toko Anda.

Mengoptimalkan halaman produk Anda untuk lebih banyak kata kunci yang didorong komersial adalah ide yang bagus.

Jika Anda menjual vitamin kucing, misalnya, Anda bisa mengoptimalkan halaman produk (kategori) untuk [beli vitamin kucing].

Mungkin Anda juga memiliki artikel tentang pemberian vitamin. Anda bisa, misalnya, mengoptimalkan artikel itu untuk istilah pencarian [bagaimana memberi vitamin kepada kucing saya].

Ini bisa sangat sulit untuk menentukan maksud pencarian suatu permintaan. Dan, mungkin pengguna yang berbeda akan memiliki (sedikit) berbeda dengan kita niat, tapi masih mendarat di halaman yang sama.

Untungnya, ada sumber langsung untuk melihat apakah Anda ingin tahu maksud mana yang cocok dengan kata kunci Anda: halaman hasil pencarian. Cari tahu bagaimana Anda dapat menggunakan halaman hasil untuk membuat konten berbasis maksud.

Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang maksud pencarian audiens Anda, cara lain adalah bertanya kepada mereka.

Anda dapat membuat survei kecil, berisi pertanyaan tentang apa yang dicari orang dan membuat survei itu muncul jika orang masuk ke situs web Anda. Itu mungkin akan memberi Anda banyak wawasan berharga ke audiens Anda.

Kesimpulan

Sangat penting untuk memastikan bahwa konten yang Anda tulis sesuai dengan istilah yang dicari orang, serta maksud pencarian audiens Anda.

Pastikan posting atau halaman Anda informatif, ketika orang mencari informasi. Tetapi arahkan orang ke halaman penjualan Anda jika mereka ingin membeli salah satu produk Anda.

SEO memang erat kaitannya dengan kata kunci yang diketikkan pada mesin pencari (query). Namun, tidak semua query ini memiliki tujuan yang sama. (Sumber).*

One thought on “SEO Blog Dasar: Pengertian Search Intent

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *