Pengertian Mojang Priangan, Gadis Sunda Cantik di Tatar Parahyangan

Posted on 71 views
Mojang Priangan di Sawah
Mojang Priangan di Sawah (Foto: Bonsai Biker)

Mojang Priangan adalah sebuah judul lagi, Itu benar. Lagu “Mojang Priangan” dinyanyikan Nining Meida. Data itu yang nongol di peringkat atas hasil pencarian Google dengan kata kunci “mojang priangan”.

Apa yang dimaksud Mojang Priangan?

Arti Mojang Priangan

Mojang artinya gadis, perempuan muda, atau wanita muda yang belum menikah.  Menurut KBBI, mojang artinya perawan; gadis.

Priangan adalah sebutan dari Belanda untuk daerah yang mencakup Cianjur, Bandung, Sumedang, Limbangan, dan Sukapura.

Nama lainnya adalah Parahiyangan. Parahyangan atau Priangan, dalam bahasa Belanda juga disebut Preanger, adalah wilayah bergunung-gunung di Jawa Barat di mana kebudayaan Sunda merupakan kebudayaan yang dominan di wilayah tersebut (Wikipedia).

Wilayah Priangan secara tradisional mencakup Kabupaten Ciamis, Pangandaran, Tasikmalaya, Garut, Sumedang, Cimahi, Bandung, Cianjur, Sukabumi dan Bogor.

Priangan atau Parahyangan sering diartikan sebagai “tempat para rahyang atau hyang”. Masyarakat Sunda kuno percaya, roh leluhur atau para dewa menghuni tempat-tempat yang luhur dan tinggi, maka wilayah pegunungan dianggap sebagai tempat hyang bersemayam.

Berasal dari gabungan kata pa-rahyang-an; pa menunjukkan bentuk awalan pa dalam basa Sunda yang bermakna tempat, Rahyang atau hyang atau yang adalah sebutan untuk raja agung atau dewa, sedangkan akhiran -an menunjukkan bentuk kata benda dari kata ‘Parahyangan’ yang berarti ‘tempat dewa-dewa’.

Sejak zaman Kerajaan Sunda, wilayah jajaran pengunungan di tengah Jawa Barat dianggap sebagai kawasan suci tempat hyang bersemayam.

Menurut legenda Sunda, tanah Priangan tercipta ketika para dewa tersenyum dan mencurahkan semua berkah dan restunya. Kisah ini bermaksud untuk menunjukkan keindahan dan kemolekan alam Tatar Sunda yang subur dan makmur.

Lagu Mojang Priangan

Di Brainly ada yang tanya: Pengertian mojang priangan dan maknanya?

Jawaban terbaik, mojang adalah sebutan untuk seorang gadis atau perempuan yang belum menikah. Priangan tepatnya adalah nama gabungan beberapa daerah di Jawa Barat atau Sunda, yaitu yang terdiri dari Kabupaten Ciamis, Tasikmalaya, Garut, Sumedang, Cimahi, Bandung, Cianjur, Sukabumi, dan Bogor.

Secara umum, Mojang Priangan artinya adalah “gadis dari daerah Priangan atau Sunda”. Tetapi secara khusus sering diartikan bahwa Mojang Priangan adalah Gadis Bandung.

Kata mojang priangan erat sekali hubungannya dengan lagu Sunda yang sangat terkenal, yang berjudul “Mojang Priangan”.

Lirik lagu “Mojang Priangan” menggambarkan tentang cantiknya gadis Priangan yang jalannya melenggang, memakai kain dan kebaya yang sederhana.

Mojang Priangan tersebut seperti tidak ada rasa khawatir, dan sambil tersenyum, membuat gadis Priangan tersebut menjadi lebih bercahaya serta membuat yang melihat menjadi kangen.

Jadi, makna atau amanat yang ingin disampaikan oleh pengarang kawih Mojang Priangan adalah tentang seorang gadis yang cantik, sederhana, dan membuat si pengarang lagu teringat-ingat atau kangen kepadanya.

Perempuan cantik dalam foto di atas yang “nyawah” adalah contoh Mojang Priangan. Cantik ya?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *