Jadwal Puasa Ramadhan Kota Bandung – Imsakiyah 1441 H / 2020 M

Posted on 1 views

Berikut ini Jadwal Puasa Ramadhan untuk Kota Bandung dan sekitarnya. Jadwal Imsakiyah Ramadhan 1441 H / 2020 M ini resmi dari website Kementerian Agama RI.

Jadwal Puasa Ramadhan Kota Bandung - Imsakiyah 1441 H / 2020 M

Puasa Ramadhan 1441 Hijriyah dimulai Jumat, 24 April 2020, sebagaimana ditetapkan pemerintah dan ormas Islam dalam Sidang Isbat Awal Ramadhan, Kamis (23/4/2020).

Jadwal Puasa atau dikenal dengan Jadwal Imsakiyah sebenarnya adalah jadwal shalat Subuh dan Maghrib.

Pasalnya, puasa dimulai saat masuk waktu Subuh dan diakhiri (berbuka) saat masuk waktu Magrib.

Hanya saja, di kalangan kaum muslim Indonesia, dikenal waktu imsak, yaitu waktu menahan diri dari makan-minum untuk siap-siap mulai berpuasa, yakni 10 menit sebelum waktu Subuh.

Karena itu, jadwal puasa disebut juga Jadwal Imsakiyah.

Jadwal Puasa Ramadhan Kota Bandung – Imsakiyah 1441 H / 2020 M

Berikut ini Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 1441 H / 2020 M untuk wilayah Kota Bandung dari laman Bimas Islam Kementerian Agama RI.

Jadwal Puasa Ramadhan Kota Bandung - Imsakiyah 1441 H / 2020 M
Jadwal Puasa Ramadhan Kota Bandung - Imsakiyah 1441 H / 2020 M

Jadwal Imsakiyah kota-kota lain juga bisa dilihat dan didownload di halaman Bimas Islam Kemenag. Kita bisa unduh file Excell untuk didesain ulang dan diprint.

Pengertian Imsak & Imsakiyah

Menurut KBBI, imsak artinya

  • saat dimulainya tidak melakukan hal-hal yang membatalkan puasa, seperti makan dan minum.
  • berpantang dan menahan diri dari makan, minum, dan hal-hal yang membatalkan puasa mulai terbit fajar sadik sampai datang waktu berbuka.
KBBI tidak mengenal kata imsakiyah. Yang ada hanya imsak yang kemungkinan berasal dari bahasa Arab, amsaka, yang artinya “menahan”.
Menurut berbagai referensi, imsak dan imsakiyah hanya dikenal di kalangan muslim Indonesia. Waktu imsak adalah 10 menit sebelum masuk waktu Shalat Subuh.
Imsak dimaksudkan untuk kehati-hatian biar tidak “bablas” dalam sahur. 
Dalam Majmu’ Fatawa Ibnu Baz, sebagaimana dilansir muslim.or.id, imsak (yaitu menahan diri dari makan dan minum, -pen) adalah mulai terbitnya fajar (masuknya waktu shubuh). Dasarnya firman Allah Ta’ala:
وَكُلُوا وَاشْرَبُوا حَتَّى يَتَبَيَّنَ لَكُمُ الْخَيْطُ الْأَبْيَضُ مِنَ الْخَيْطِ الْأَسْوَدِ مِنَ الْفَجْرِ
“Dan makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam, yaitu fajar.” (Qs. Al Baqarah: 187)
Juga dasarnya adalah sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam,
الفَجْرُ فَجْرَانِ ، فَجْرٌ يُحْرَمُ الطَّعَامُ وَتَحِلُّ فِيْهِ الصَّلاَةُ ، وَفَجْرٌ تُحْرَمُ فِيْهِ الصَّلاَةُ (أَيْ صَلاَةُ الصُّبْحِ) وَيَحِلُّ فِيْهِ الطَّعَامُ
“Fajar ada dua macam: [Pertama] fajar diharamkan untuk makan dan dihalalkan untuk shalat (yaitu fajar shodiq, fajar masuknya waktu shubuh, -pen) dan [Kedua] fajar yang diharamkan untuk shalat (yaitu shalat shubuh) dan dihalalkan untuk makan (yaitu fajar kadzib, fajar yang muncul sebelum fajar shodiq, -pen).” (Diriwayatakan oleh Al Baihaqi dalam Sunan Al Kubro no. 8024 dalam “Puasa”, Bab “Waktu yang diharamkan untuk makan bagi orang yang berpuasa” dan Ad Daruquthni dalam “Puasa”, Bab “Waktu makan sahur” no. 2154. Ibnu Khuzaimah dan Al Hakim mengeluarkan hadits ini dan keduanya menshahihkannya sebagaimana terdapat dalam Bulughul Marom)
Dasarnya lagi adalah sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam,
إِنَّ بِلاَلاً يُؤَذِّنُ بِلَيْلٍ فَكُلُوا وَاشْرَبُوا حَتَّى يُؤَذِّنَ ابْنُ أُمِّ مَكْتُومٍ
“Bilal biasa mengumandangkan adzan di malam hari. Makan dan minumlah sampai kalian mendengar adzan Ibnu Ummi Maktum.” (HR. Bukhari no. 623 dalam Adzan, Bab “Adzan sebelum shubuh” dan Muslim no. 1092, dalam Puasa, Bab “Penjelasan bahwa mulainya berpuasa adalah mulai dari terbitnya fajar”). 
Seorang periwayat hadits ini mengatakan bahwa Ibnu Ummi Maktum adalah seorang yang buta dan beliau tidaklah mengumandangkan adzan sampai ada yang memberitahukan padanya “Waktu shubuh telah tiba, waktu shubuh telah tiba.”
Demikian Jadwal Puasa Ramadhan Kota Bandung – Imsakiyah 1441 H / 2020 M dan Pengertian Imsak dan Imsakiyah. (Blogger Bandung).*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *