Daftar Objek Wisata di Kota Bandung – Tempat Liburan Asyik, Alami, dan Nyaman

Posted on 2 views
Daftar Objek Wisata di Kota Bandung
Pemandangan Kota Bandung (Foto: bandung.go.id).*

KOTA Bandung dikenal sebagai kota wisata. Tiap akhir pekan, Ibu Kota Provinsi Jawa Barat berjuluk Kota Kembang ini dipadati wisatawan. Jalanan biasanya macet.

Objek wisata di Kota Bandung sangat banyak. Mulai dari wisata taman kota yang bertebaran di seluruh penjuru kota –bahkan di kompleks-kompleks perumahan– hingga wisata alam di pinggiran Kota Bandung.

Cuaca di Kota Kembang yang relatif lebih sejuk dan dingin dibandingkan kota-kota lain di Indonesia menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Dilansir Wikipedia, Kota Kembang merupakan sebutan lain untuk Kota Bbandung, karena pada zaman dulu kota ini dinilai sangat cantik dengan banyaknya pohon-pohon dan bunga-bunga yang tumbuh di sana. 
Selain itu, Bandung dahulunya disebut juga dengan Parijs van Java karena keindahannya. Selain itu kota Bandung juga dikenal sebagai kota belanja, dengan mall dan factory outlet (FO) yang banyak tersebar di kota ini. Saat ini, Kota Bandung juga menjadi kota wisata kuliner.
Objek Wisata Bandung cukup beragam. Selain objek wisata alam, terdapat juga objek wisata kuliner, wisata belanja, wisata edukasi, dan wisata sejarah. Kota Bandung dikenal pula sebagai kota bersejarah.

Daftar Objek Wisata di Kota Bandung

Berikut ini daftar objek wisata di Kota Bandung sebagai tempat rekreasi atau liburan asyik, alami, dan nyaman. Semuanya berlokasi di wilayah Kota Bandung.

1. Gedung Sate

Lokasi: Jl. Diponegoro Kota Bandung. Berfungsi sebagai kantor pemerintah Provinsi Jawa Barat, Gedung Sate merupakan salah satu ikon Kota Bandung.
Di kompleks Gedung Sate ada aGedung Pakuan yang menjadi tempat tinggal resmi Gubernur Jawa Barat, juga Gedung Dwi Warna atau Indische Pensioenfonds yang digunakan oleh Kementerian Keuangan Kantor Wilayah Ditjen Pembendaharaan Bandung.

2. Taman Balai Kota Bandung

Taman Balai Kota Bandung
Lokasi: Jl. Wastukencana No. 2 Kota Bandung. Taman Balai Kota Bandung merupakan sebuah taman kota yang terletak di Kota Bandung. Berada di sebelah selatan Balai Kota Bandung, saat ini  Taman Balai Kota Bandung terdiri dari dua taman yang menyatu, antara lain Taman Dewi Sartika dan Taman Badak.

3. Trans Studio Bandung

Trans Studio Bandung
Lokasi: Jln. Gatot Subroto Kota Bandung. Trans Studio Bandung adalah objek wisata indoor terbesar di Indonesia. Banyak hiburan berupa wahana dan juga show atau pertunjukan yang bisa dinikmati oleh segala umur.
Trans Studio Bandung menyajikan 20 Wahana dari yang bersifat Ekstrim (untuk orang dewasa) hingga Softplay (untuk anak-anak). 

Untuk show teaterikal, Trans Studio menyajikan 6 pertunjukan: Kabayan Goes to Hollywood, Trans Studio Big Band, Petualangan si Bolang & Zoo Crew, Legenda Putera Mahkota, New Parade & Laser Show, dan Spesial Effect Action Show.

4.  Museum Geologi Bandung

Museum Geologi Bandung

Lokasi: Jln. Diponegoro No. 57 Kota Bandung. Tempat wisata edukasi yang tak jauh dari kawasan Gedung Sate dan Gasibu ini menyimpan banyak koleksi benda-benda sejarah, seperti fosil, koleksi miniatur bumi, tata surya, dan masih banyak lagi.

Museum Geologi didirikan pada tanggal 16 Mei 1929 Museum ini telah direnovasi dengan dana bantuan dari JICA. Setelah mengalami renovasi, Museum Geologi dibuka kembali dan diresmikan oleh Wakil Presiden RI, Megawati Soekarnoputri pada tanggal 23 Agustus 2000.

5. Kebun Binatang Bandung

Kebun Binatang Bandung

Lokasi:  Jl. Kebun Binatang No.6, Lebak Siliwangi, Kota Bandung. Kebun Binatang atau Keon Binatang Bandung merupakan salah satu objek wisata alam flora dan fauna di Kota Bandung. 

Kebun Binatang Bandung terletak berdampingan dengan kampus Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Sungai Cikapundung. 

6.  Cihampelas Walk Bandung

Cihampelas Walk Bandung

Lokasi: Jl. Cihampelas No.160, Cipaganti, Kota Bandung. Dikenal dengan singkatan Ciwalk dan Ciwalk Mall, tempat ini dikenal sebagai objek wisata belanja dan kuliner.

Ciwalk Mall Bandung memiliki banyak sekali pilihan fashion yang menarik perhatian para wisatawan. Sepanjang Jalan Cihampelas juga menjadi area wisata belanja busana dengan banyak pilian.

7. Teras Sunda Cibiru

Teras Sunda Cibiru

Lokasi: Jl. AH Nasution – Jalan Raya Cipadung, Cibiru, Kota Bandung. Teras Sunda Cibiru merupakan tempat wisata berbasis seni dan budaya di Kota Bandung. Kawasan pusat kebudayaan dan kesenian Sunda.

8. Gedung Merdeka

Gedung Merdeka

Lokasi: Jl. Asia Afrika No. 65, Braga, Kota Bandung. Gedung Merdeka adalah gedung bersejarah yang pernah digunakan sebagai tempat Konferensi Tingkat Tinggi Asia-Afrika (KAA) tahun 1955.

Kini gedung yang sebelumnya bernama Societeit Concordia ini digunakan sebagai museum yang memamerkan berbagai benda koleksi dan foto Konferensi Asia-Afrika yang merupakan cikal bakal Gerakan Nonblok.

9. Monumen Perjuangan Jawa Barat

Monumen Perjuangan Jawa Barat

Lokasi: Jl. Dipati Ukur No. 48 Kota Bandung. Diresmian 23 Agustus 1995. Lebih dikenal dengan nama singkatannya: Monju (Monumen Perjuangan). 

Di area luar monumen terdapat beberapa taman. Di area dalam terdapat diorama. Bangunan ini berbentuk seperti bambu runcing, namun dengan sentuhan modern. Tepat di depan bangunan berdiri tegak dari kejauhan bangunan Gedung Sate. Di bagian dinding terdapat relief perjuangan masyarakat Jawa Barat dari masa ke masa.

10. Monumen Bandung Lautan Api

Monumen Bandung Lautan Api

Lokasi: Jl. Moch. Toha Kota Bandung. Monumen ini untuk mengenang peristiwa “Bandung Lautan Api” yang membumihanguskan kawasan Bandung Selatan yang dipimpin oleh Mochammad Toha. 

Dengan tinggi 45 meter, monumen ini terlihat sangat megah. Setiap tanggal 23 Maret pasti monumen ini menjadi pusat perhatian masyarakat Kota Bandung. 
Monumen Bandung Lautan Api ini dibangun pada tahun 1997 dengan tiga pilar dan sebuah api di ujungnya. Selain menjadi situs sejarah, monumen ini memiliki lahan yang luas dan dapat dijadikan sebagai arena olah raga.

11. Objek Wisata Taman

Daftar Objek Wisata di Kota Bandung
Taman Film Kota Bandung (Foto: bandung.go.id).*

Berikut ini daftar taman di Kota Bandung yang bagus menjadi tempat rekreasi:

1. Taman Vanda – Jalan Merdeka
2. Taman Tepian Anak Sungai Cikapayang – Area Balai Kota Bandung
3. Taman Pustaka Bunga Cilaki – Jalan Cilaki
4. Taman Fotografi – Jalan Anggrek
5. Taman Jomblo (Taman Pasupati) – Bawah Jembatan Pasupati 
6. Taman Film – Bawah Jalan layang Pasupati, Tamansari
7. Taman Musik – Jalan Belitung
8. Taman Lansia – Jalan Cisangkuy Bandung (Dekat Gedung Sate)
9. Taman Skateboard – Bawah Jembatan Layang Pasupati.
10. Taman Superhero – Jalan Bengawan, Cihapit
11. Taman Balai Kota – Kompleks Balai Kota Bandung Jln Wastukancana
12. Taman Pramuka – Jalan Riau (Dekat Perempatan ke Jln Gandapura). 
13. Taman Lalu Lintas – Jalan Belitung
14. Taman Cibeunying – Jalan Cibeunying
15.  Taman Inklusi – Taman Maluku (Dekat GOR Saparua/Jln. Aceh – Jln. Saparua).
16. Taman Active Park – Kawasan Taman Jalan Supratman
17.  Taman Alun-Alun Ujungberung – Alun-alun Ujungberung, Bandung Timur. 
18. Taman Pers – Jalan Malabar 
19. Taman Gesit – Jalan Dipatiukur (Dekat Area Car Free Day Dago)
20. Taman Alun-Alun Bandung – Jalan Asia Afrika
21. Taman Pet Park – Jalan Cilaki (Dekat Taman Lansia dan Taman Kandaga Puspa). 
22. Taman Teras Cikapundung – Jalan Siliwangi
23. Cikapundung Riverspot – Jalan Dr. Ir. Sukarno (Cikapundung Timur)
24. Taman Tegallega – Seberang Museum Sri Baduga

12. Obejk Wisata Belanja

Jalan-jalan di kota Bandung yang dikenal sebagai objek wisata belanja antara lain Jalan Braga, Jalan Cibaduyut, Jalan Cigondewah, Jalan Ir H Djuanda atau Dago, dan Jalan LLRE Martadinata atau Riau.
Jalan Brga Kota Bandung

Objek wisata belanja berupa bangunan atau mall di Kota Bandung antara lain Istana Plaza (IP) Bandung, Bandung Indah Plaza (BIP), Paris Van Java (PvJ) Mall, Bandung Trade Center (BTC),
Plaza Parahyangan, Balubur Town Square, dan Metro Trade Centre (MTC).
Pasar tradisional yang jug menjadi objek wisata belanja antara lain Pasar Baru, Pasar Gedebage, dan Pasar Andir.
Pasar Baru

Itu dia Daftar Objek Wisata di Kota Bandung termasuk taman-taman indah di berbagai penjuru kota.
Ingat ya, Bandung itu ada tiga: Kota Bandung, Kabupaten Bandung, dan Kabupaten Bandung Barat (KBB). 
Objek-objek wisata di kawasan Lembang masuk wilayah KBB, bukan Kota Bandung. Objek wisata di kawasan Ciwidey atau Cicalengka masuk Kabupaten Bandung. Daftar tempat wisata di atas ada di wilayah Kota Bandung.*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *