Cara Screenshot di Komputer, Laptop, dan HP

Posted on 33 views

Cara Screenshot di Komputer, Laptop, dan HP

Bagaimana cara mengambil gambar “tangkapan layar” (screenshot) atau print screen di komputer, laptop, dan handphone? Berikut ini triknya.

Screenshot diperlukan misalnya untuk mengirim bukti transfer saat transaksi online atau mengirimkan gambar satu halaman web ke WhatsApp (WA).

Screenshot –disebut juga screen capture atau screen grab– adalah gambar digital yang menunjukkan konten tampilan komputer (a digital image that shows the contents of a computer display).

Cara Screenshot di Komputer

Berikut ini cara mengambil screenshot gambar di komputer atau laptop yang menggunakan Operating System (OS) Windows.

Terdapat berbagai cara untuk melakukan screenshot di laptop Windows. Jika cara yang satu tak bisa dilakukan, kita bisa melakukan cara lain.

1. PrtSc SysRq

Cara pertama membuat tangkapan layar adalah menggunakan tombol screenshot Print Screen (PrtSc SysRq) di keyboard.

Cara untuk mengambil screenshot dengan tombol ini mudah:

  1. Tampilkan layar yang ingin discreenshot.
  2. Tekan tombol Printsrcreen (PrtSc SysRq). Memang tidak ada reaksi apa-apa, namun komputer telah melaksanakan copy pada layar yang ingin discreenshot.
  3. Pastikan (Ctrl+V) melalui pengolah gambar –misalnya di Microsoft Paint atau CorelDraw. Bisa juga langsung Ctr+V di pesan WA jika ingin mengirimkan gambar itu di WA.

2. Alt + PrtSc SysRq

Cara kedua screenshot adalah menggunakan tombol Alt + Printscreen (PrtSc SysRq).  Ini jika menekan tombol PrtSc SysRq saja tidak berfungsi.

Cara screenshot menggunakan kombinasi tombol Alt + Printscreen (PrtSc SysRq).

  1. Tampilkan layar yang ingin discreenshot.
  2. Tekan tombol Alt + Printscreen (PrtSc SysRq), sekali saja.
  3. Pastekan di Microsoft Paint, Corel, atau di WA.

Ya benar. Cara kedua ini persis sama dengan cara pertama, hanya saja ada tambahan tekan tombol “Alt”.

3. Windows + PrtSc SysRq

Cara ketiga screenchot di komputer adalah menggunakan tombol Windows + Printscreen (PrtSc SysRq).

Namun, kita tidak perlu melakukan paste untuk menampilkan hasil screenshot. Hasil screenshot langsung tersimpan di folder tertentu di hard disk komputer, yaitu di folder Pictures di driver C:Users.

Ini caranya:

  1. Tampilkan layar yang ingin discreenshot.
  2. Tekan tombol Windows + Printscreen (PrtSc SysRq).
  3. Layar akan berkedip cepat. Artinya, screenshot berhasil menangkap gambar.

Buka folder C:Users[nama user]PicturesScreenshots. Di sanalah file yang di-screenshot tersimpan.

4. Snipping Tool

Ini cara keempat screenshot di Laptop. Snipping Tool adalah program/aplikasi bawaan Windows.

Cara screenshot di PC dengan menggunakan Snipping Tool:

  1. Buka software Snipping Tool. Jika menggunakan Windows 8, tekan tombol Windows, lalu ketik Snipping Tool dan enter.
  2. Buka halaman yang ingin di-screenshot, tekan menu ‘New’ yang ada di Snipping Tool.
  3. Kita bisa menggerakkan kursor sesuai dengan bagian yang ingin di-screenshot.
  4. Klik menu file > Save as pada Snipping Tool.
  5. Simpan file hasil tangkapan layar itu di folder yang biasa kita simpan gambar.

Cara Screenshot di HP

Berikut ini Cara Screenshot di Handphone. Cara paling mudah dan paling umum dalam mengambil screenshot di ponsel cerdas Android adalah cara menekan secara bersamaan tombol power/tombol on off + tombol volume down dalam beberapa detik.

Kalau berhasil, Anda akan menerima notifikasi berupa suara kamera, layar yang tiba-tiba berwarna putih, atupun notifikasi tulisan.

Cara lainnya:

1. Tombol Home

Sebenarnya cara screenshot Android menggunakan tombol home dan tombol power merupakan fitur standar pada beberapa ponsel cerdas Android, misalnya pada beberapa ponsel cerdas Samsung Galaxy yang memiliki tombol home fisik.

Sama seperti cara sebelumnya, jika Anda menekan tombol home fisik bersamaan dengan tombol power dalam beberapa detik, maka ponsel cerdas Anda secara otomatis akan langsung mengambil screenshot.

Hal ini pun ditandai dengan suara kamera, ataupun tampak kilatan putih di layar ponsel cerdas Anda, ataupun akan muncul notifikasi tulisan di ponsel cerdas Anda yang menunjukkan bahwa Anda telah mengambil screenshot.

Pada ponsel Samsung seri Galaxy cara ini merupakan cara yang lazim digunakan setidaknya hingga seri Samsung Galaxy S8, karena di seri ini Samsung memutuskan tidak memberikan tombol home fisik. Solusinya? Sama seperti cara pertama yakni dengan tombol power dan volume down.

2. Swiping Gesture

Cara screenshot Android dengan menggunakan swiping gesture ini dapat dilakukan oleh Anda yang menggunakan Smartphone Samsung, terutama seri Galaxy S3 ke atas. Samsung Galaxy generasi di bawah S3 belum mendukung fitur ini.

Cara yang bisa Anda lakukan cukup sederhana, pertama-tama Anda cukup meletakkan tangan Anda secara vertikal dalam posisi “karate chopping” di salah satu sisi layar. Kemudian perlahan gerakan tangan Anda ke seberang sisi layar layaknya sedang melakukan scanning di layar ponsel.

Anda akan mendapatkan notifikasi bahwa Anda telah melakukan pengambilan screenshot di ponsel Samsung Anda.

Notifikasi yang muncul pada ponsel cerdas Samsung ini pun sama dengan ponsel cerdas Android lainnya, berupa suara kamera, kilatan di layar ponsel, ataupun notifikasi tertulis bahwa Anda telah mengambil screenshot menggunakan ponsel cerdas Anda.

3. Menggunakan Stylus

Cara screenshot di HP ini lagi-lagi berlaku untuk Smartphone Samsung. Cara ini sebenarnya eksklusif bagi Anda yang memiliki S Pen alias Samsung Galaxy Note.

Cara screenshot Android menggunakan stylus ini bisa Anda lakukan via air command. Air command bisa Anda aktifkan secara otomatis ketika Anda mengambil S pen Anda, ataupun jika Anda menekan tombol stylus sambil mendekatkan ujung S pen anda ke layar ponsel cerdas Anda.

Nah setelah ini Anda tinggal pilih beberapa mode yang terdapat dalam air command tersebut. Hal yang menarik dari pengambilan screenshot menggunakan metode ini adalah Anda bisa berkreasi alias menambahkan gambar-gambar ataupun teks secara manual di atas gambar screenshot yang Anda ambil sebelumnya, menarik bukan?

4. Menggunakan Aplikasi Screencast

Screencast merupakan salah satu aplikasi yang bisa Anda manfaatkan pada ponsel Android Anda untuk mengambil screenshot.

Pada dasarnya screencast sebenarnya adalah aplikasi yang memiliki fungsi untuk merekam ponsel Android Anda.

Sebagaimana fungsi utama dari aplikasi ini, tentu saja Screencast pada awalnya dibuat untuk Anda yang ingin merekam aktivitas layar ponsel Anda.

Untuk menggunakan aplikasi ini amatlah mudah.

  1. Buka aplikasi ini
  2. Tekan start recording untuk memulai merekam layar ponsel Anda
  3. Jika ingin berhenti, Anda bisa menekan stop recording.
  4. Setelah Anda berhenti merekam maka secara otomatis file Anda akan tersimpan di tempat penyimpanan default sesuai dengan pengaturan awal.

5. Menggunakan Google Assistant

Cara ini merupakan salah satu cara paling canggih diantara beberapa cara yang lain.

Google Assistant dalam ponsel Anda bisa diaktifkan dengan cara voice command. Dekatkan ponsel Anda ke mulut Anda, dan kemudian secara jelas katakan “OK Google, take a screenshot”.

Jika Anda melakukan ini dengan benar, melafalkan bahasa inggris ini dengan baik, maka ponsel Anda secara otomatis akan mengambil screenshot dan kemudian akan menyimpannya ke dalam GUI Google Assistant.

Cara Screenshot HP Samsung

Bagi pengguna Smartphone Samsung, ada cara tersendiri untuk melakukan screenshot sesuai dengan jenis handphonenya.

1. Menggunakan tombol power dan home

Anda bisa melakukan screenshot menggunakan tombol power dan home. Coba cek apakah handphone Anda memiliki tombol home atau tidak.

Kalau ada, tekan tombol power dan home secara bersamaan. Tahan beberapa detik sampai muncul suara klik. Selesai!

Screenshot Home Power Samsung
Screenshot Tekan Home+Power di HP Samsung

2. Swiping Layar

Cara kedua yang bisa dilakukan untuk screenshot ialah menggunakan swiping layar. Ini dilakukan dengan cara mengusap layar handphone dari kiri ke kanan dengan jari tangan.

Tunggu sampai terdengar suara shutter kamera yang menunjukkan screenshot berhasil dilakukan.

Teknik seperti ini bisa dilakukan untuk semua jenis HP Samsung. Akan tetapi, sebelum melakukannya harap pastikan dulu fitur palm swipe sudah aktif atau belum.

Caranya masuk ke menu setting. Pilih advanced, centang fitur palm swipe. Tutup menu, dan cobalah lakukan screenshot untuk memastikan fitur ini sudah berfungsi.

3. Menggunakan tombol power dan volume down

Ada cara lain untuk melakukan screenshot di HP Samsung. Cara screenshot Samsung selanjutnya ialah dengan tekan tombol power danvolume down secara bersamaan, tahan sampai terdengar suara shutter kamera.

Selesai.

Cara Screenshot di Komputer, Laptop, dan HP, termasuk Screenshot di HP Samsung.*

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *