Cara Menyembunyikan Tangggal Posting di Pencarian Google untuk SEO

Posted on 2 views

Banyak blogger ingin menyembunyikan tanggal postingan, baik di blog sendiri maupun di halaman hasil pencarian Google.

Cara Menyembunyikan Tangggal Posting di Pencarian Google untuk SEO

Dipercaya, menghilangkan tanggal posting di SERP Google berguna untuk optimasi SEO blog untuk meningkatkan pengunjung organik.

Menghilangkan atau menyembunyikan tanggal posting artikel pada hasil pencarian perlu dilakukan sebagai salah satu upaya untuk optimasi SEO agar peluang pengunjung mengunjungi blog.
Pada umumnya hasil pencarian selain menampilkan judul artikel dan descripsi artikel relevan juga akan menampilkan tanggal poting mengenai tanggal dibuatnya artikel tersebut.
Hasil pencarian di Google ada yang mengandung tanggal posting, dan ada juga tidak menampilkan tanggal posting. Beberapa blogger lebih memilih menghilangkan tanggal postingan bukan tanpa alasan.
Alasan utamanya adalah agar artikel mereka tidak dianggap kadaluarsa, sehingga memiliki peluang di kunjungi sama besarnya dengan artikel komputetior yang diangap baru, dan ini akan meningkatkan visitor blog organik.

Visitor organik adalah pengunjung yang berhasil mengunjungi blog Anda bersumber dari mesin pencari Google. Pengunjung organik adalah pengunjung yang dianggap memiliki kelebihan di mata mesin pencari. 

Dari sisi penghasilan, peranan pengunjung organik sangat menentukan besar kecilnya nilai CPC atau cost per click unit iklan google Adsense.

Jika tanggal posting terlihat dihasil pencarian google, peluang pengunjung untuk mengunjungi blog kita akan sedikit berkurang. Pengguna biasanya membuka postingan terbaru dilihat dari tanggal posting.

Bisa jadi judul artikel blog Anda mudah ditemukan pada halaman pertama hasil pencarian, namun artikel serupa juga akan ditemukan sebagai blog kompetitor. 

Pengunjung pada umumnya akan lebih suka untuk mengunjungi blog yang masih fresh jika dibandingkan dengan artikel blog yang sudah dianggap kadaluarsa.

Cara Menyembunyikan Tanggal Postingan pada Hasil Pencarian

Berikut ini cara menyembunyikan tanggal posting di hasil pencarian Google.

1. Masuk ke akun Blogger

2. Pilih blog > Klik Layout (Tata Letak)
3. Pada widget Blog Posts, klik edit seperti terlihat pada gambar di bawah ini:
Cara Sembunyikan Tangggal Posting di Pencarian Google
4. Pada pilihan yang ditampilkan, jangan centang atau hilangkan centang pada tanggal, seperti terlihat pada gambar di bawah ini:

Cara Sembunyikan Tangggal Posting di Pencarian Google
5. Simpan!
Cara Menyembunyikan Tangggal Posting

Jangan lupa Simpan setelan

Cara Menyembunyikan Tangggal Posting

Selesai.

Dengan cara di atas, tanggal artikel blog Anda pada hasil pencarian tidak akan ditampilkan. Untuk artikel yang sudah diindex kita harus menunggu Google bot mengindeks kembali artikel lama.
Untuk artikel baru setelah melakukan seting di atas, tanggal tidak akan ditampilkan pada hasil pencarian, sehingga lebih berpeluang untuk menarik pengunjung organik Google.

Dampak Menembunyikan Tangggal Posting Blog 

Sekarang pertanyaanya, apakah menyembunyikan tanggal postingan dari Google Search berdampak negatif bagi blog kita?

Jawabannya: tidak sama sekali. Kenapa? Perhatikan screenshot halaman hasil pencarian Google di bawah ini:

Dampak Menembunyikan Tangggal Posting Blog

Dampak Menembunyikan Tangggal Posting Blog

Pencarian dari Google sendiri juga tidak ada tanggalnya. Situs populer seperti Wikipedia juga tidak ada tanggalnya.

Jadi, tidak perlu khawatir jika menyembunyikan tanggal dari Google Search. Google sendiri juga tidak ada tanggalnya kok!

Sekali lagi, sebenarnya menyembunyikan tanggal postingan dari Google Search hanya bertujuan agar artikel kita tidak dianggap usang atau kedaluarsa oleh calon visitor. Dengan begitu, kemungkinan mendapatkan visitor natural yang banyak lebih mudah.

Demikian Cara Menghilangkan Tanggal Posting Blog dari Mesin Pencari Google.*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *