Cara Membuka Dua Akun WhatsApp Web dalam Satu Komputer

Posted on 31 views

Cara Membuka Dua Akun WhatsApp Web dalam Satu Komputer

BANYAK pengguna WhatsApp (WA) membuka WA melalui komputer atau laptop, yaitu dengan membuka web.whatsapp.com. Web WhatsApp termasuk halaman web paling banyak dibuka pengguna internet.

Pengguna WhatsApp ponsel diharuskan untuk memindai kode QR jika ingin membuka di website PC atau laptop Ilustrasi WhatsApp Web.

Di laptop, kita bisa membuka lebih dari satu akun WhatsApp. Biasanya orang memiliki dua atau lebih akun WhatsApp untuk keperluan bisnis.

Memiliki akun WhatsApp yang berbeda dapat membuatmu memilah mana urusan bisnis dan mana urusan pribadi. Kerap kali kita perlu membuka WhatsApp lewat PC untuk keperluan bisnis yang lebih efisien. Namun, kita juga tetap ingin terhubungan dengan kehidupan pribadimu.

Cara Membuka Dua Akun WhatsApp Web

Berikut ini cara membuka dan menjalankan beberapa akun WhatsApp Web di satu browser. Jika kita menggunakan Google Chrome, metode ini semudah menukar tab di browser.

1. Menggunakan mode Incognito

Ini cara paling sederhana dan termudah. Yang harus kita lakukan adalah membuka mode “Penyamaran Chrome” (Incognito mode).

  1. Buka menu di sebelah kanan atas
  2. Pilih “New Incognito Windows”.
  3. Buka WhatsApp Web dari sana.
  4. Pindai kode QR

ingcognito window chrome

Incognito mode adalah mode peramban browser yang membantu kamu menjelajahi web tanpa menyimpan data penjelajahan di browser.

Ini berarti, pencarian, halaman yang dikunjungi, detail login, dan cookie tidak akan disimpan pada perangkat setelah menutup jendela.

Meski begitu, file apa pun yang kita unduh atau bookmark yang kita buat akan disimpan.

Google Chrome, Mozilla Firefox, Apple Safari, Microsoft Edge dan Internet Explorer semuanya menawarkan mode pribadi yang serupa. Kita juga dapat menggunakan browser yang berbeda seperti Firefox atau Opera untuk membuka akun Web WhatsApp sekunder.

2. Menggunakan ekstensi chrome: Session Box

Session Box memungkinkan kita membuat sesi terpisah untuk setiap login. Dengan cara ini, kita dapat menggunakan dua dari beberapa akun di browser yang sama, baik itu Facebook, WhatsApp, mauoun Twitter.

Kita juga dapat menyimpan sesi-sesi ini di browser sehingga proses masuknya sesederhana mengklik tombol khusus.

 

Session Box

 

Selain itu, kita juga dapat menggunakan sesi yang sama di browser yang berbeda dengan membagikan URL. Plus, kita juga dapat membuat sesi sementara. Cukup mencari Session Box di pencarian ekstensi Chrome dan menginstalnya.

Cara menggunakan Session Box

Setelah mengunduh dan menginstal ekstensi ini, buka WhatsApp Web di browser, dan masuk menggunakan akun utama.

Setelah selesai, klik ikon Session Box di bilah status. Kita akan melihat halaman ‘ ‘Sessions for current page’. Klik pada ikon Plus di ujung paling kanan untuk membuat Stored session.

Sekarang, masukkan nama untuk sesi. Tetapkan nama yang sederhana sehingga mudah untuk membedakan antar akun nantinya.

Di sini, warna secara otomatis ditetapkan setiap sesi untuk membantu membedakan tab nantinya. Untuk memilih warna dan ikon pilihan, arahkan kursor ke bagian atas kotak prompt dan pilih yang sesuai.

Pada saat yang sama, jika tidak ingin sesi ini disinkronkan antara sistem yang berbeda, ketuk ikon Sync di bawah nama.

Hal terbaik tentang ekstensi ini adalah ia akan menuntun kita melalui sebagian besar proses pengaturan. Setelah semuanya telah dipilih dan dimasukkan, klik OK untuk membuat sesi baru.

Selanjutnya, pindai kode QR menggunakan akun WhatsApp sekunder, dan hanya itu saja. Sekarang, kita memiliki kedua akun di satu browser satu sama lain.

Jadi alihkan tab (Ctrl + Shift + Tab). Di sana, kita sudah menghemat waktu karena tak perlu membuka tab browser yang berbeda.

Selain WhatsApp, kita juga dapat membuka dan menjalankan beberapa akun untuk Twitter, Facebook, dan Instagram. Plus, kita dapat menghapus detail sesi akun dan situs yang tidak lagi kamu perlukan. Klik pada menu tiga titik dan pilih Delete.

Mana cara terbaik?

Cara terbaik membuka dua akun WA di satu browser atau satu komputer adalah dengan menggunakan mode incogito.

  1. Buka WhatsApp web di browser
  2. Buka Mode Penyamaran pada browser.
  3. Jika menggunakan browser Chrome, ketik menu titik tiga di kanan atas.
  4. Pilih ‘New incognito windows’
  5. Buka WhatsApp Web seperti biasa.

Namun, metode membuka melalui mode penyamaran ini memiliki kelemahan, karena pengguna harus memindai kode QR WhatsApp lagi. Berbeda ketika tidak menggunakan mode penyamaran.*

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *