Alat yang Diperlukan untuk Membuat Podcast

Posted on 20 views

Alat yang Diperlukan untuk Membuat Podcast

PODCAST –singkatan dari iPod Broadcasting atau Playable on Demand Broadcasting— lagi booming. Podcast dalam pengertian aslinya, yaitu rekaman suara, sudah lama digemari misalnya di SoundCloud.

Namun, belakangan yang ngetrend adalah Video Podcast, yaitu Podcast yang divideokan dan diunggah di Youtube. Youtuber pun berlomba-loba membuat video podcast.

Pengertian Podcast

Sederhananya: podcast adalah program audio, seperti Talk Radio, tetapi Anda berlangganan di ponsel cerdas Anda dan mendengarkannya kapan pun Anda mau. (The Podcast Host)

Secara detail, podcast adalah rangkaian kata yang diucapkan, episode audio, semuanya berfokus pada topik atau tema tertentu, seperti bersepeda atau startup.

Anda dapat berlangganan acara tersebut dengan aplikasi di ponsel Anda dan mendengarkan episode kapan pun Anda suka di headphone, di mobil, atau melalui speaker.

Dari Wikipedia, Podcast adalah rangkaian episodik dari file audio digital kata yang diucapkan yang dapat diunduh pengguna ke perangkat pribadi agar mudah didengarkan.

Serial podcast biasanya menampilkan satu atau lebih pembawa acara rutin yang terlibat dalam diskusi tentang topik tertentu atau acara terkini.

Alat yang Diperlukan untuk Membuat Podcast

Alat Apa Saja yang Dibutuhkan untuk Podcast?

Jika hanya akan menyajikan suara (sound/voice), alat yang diperlukan untuk membuat podcast hanya komputer atau smartphone. Gunakan Soundcloud atau Anchor, dan mulai merekam dan menyebarkannya!

Namun, membuat Video Podcast dan mengunggahnya di Youtube, berikut ini alat yang dibutuhkan untuk Podcast.

1. Mikrofon

Mikrofon, mike, atau mic diperlukan untuk menghasilkan suara yang jernih dan jelas. Istilahnya: audible.

2. Perekam XLR Portable

Jika menggunakan mikrofon analog. perekam XLR portable dibutuhkan untuk menangkap audio dan mengkonversinya menjadi digital.

Selain itu, XLR protable juga dapat menangkap beberapa suara saluran mikrofon dan memungkinkan untuk melakukan penyesuaian volume suara serta mematikannya dengan cepat.

File audio secara otomatis dapat diatur dan disimpan di dalam kartu memori yang dapat dimasukan ke pembaca kartu atau slot di komputer.

3. Audio Interface

Jika ingin merekam secara langsung ke komputer dengan menggunakan mikrofon analog, maka diperlukan audio interface sebagai salah satu alat apa saja yang dibutuhkan untuk podcast ini.

Perangkat ini memungkinkan Anda untuk memasukan satu atau lebih mikrofon analog dan mengkonversi audio analog menjadi digital.

Sebagian besar audio interface dapat terhubung ke komputer melalui USB atau Firewire. Audio interface ini bisa kamu dapatkan dengan harga yang bervariatif, tergantung pada apa yang kamu butuhkan.

4. Komputer

Selain mikrofon, komputer juga merupakan salah satu alat yang sangat penting dalam membuat video podcast. Hal tersebut dikarenakan komputer itu sendiri diperlukan untuk merekam, mengedit, hingga mengunggah podcast yang sudah dibuat.

Untuk mengedit audio, kamu tidak memerlukan banyak daya komputasi.

5. Digital Audio Workstation (DAW)

Untuk menghasilkan rekaman dan editan yang baik, diperlukan Digital Audio Workstation (DAW). Lisensi untuk DAW itu sendiri biasanya menghabiskan biaya yang cukup besar, yakni sekitar $300 hingga $900 untuk lisensi DAW tingkat profesional seperti Reason atau Pro Tools.

Namun ada juga Adobe Audition yang hanya membutuhkan $20 untuk biaya langganan bulanannya. Tetapi, sebagai podcaster pemula, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk peralatan yang mungkin dirasa belum terlalu penting. Saat ini sudah banyak software gratis seperti Audacity yang bisa dijadikan sebagai pilihan.

6. Pop Filter

Alat apa saja yang dibutuhkan untuk podcast terakhir adalah pop filter. Semakin jelas suara audio, maka akan makin baik pula podcast yang dihasilkan.

Meskipun alat satu ini tidak terlalu dibutuhkan untuk Podcast, tetapi ternyata pop filter memang bisa membantu dalam menghasilkan suara yang bagus.

Harganya cukup murah, tetapi selalu harus membelinya. Anda bahkan bisa membuatnya sendiri dengan menggunakan barang-barang yang tersedia di rumah. (Cekaja)

Daftar 8 Alat untuk Membuat Podcast

Berikut ini adalah daftar alat yang harus kalian sediakan sebelum memuat konten di Podcast menurut Entrepreneur.

1. Mikrofon

Menurut Entrepreneur, jenis mikrofon yang direkomendasikan untuk podcaster adalah Audio Technica ATR-2100-USB dan Blue Microphones Yeti USB.

2. Perekam XLR Portabel

alat untuk podcast

© Amazon.com

Perekam XLR Portabel merekam suara dari beberapa saluran mikrofon dan memungkinkan kamu untuk melakukan penyesuaian volume suara dengan cepat.

3. Headphone

alat untuk podcast

© Freepik.com

Anda memerlukan headphone yang bagus untuk mendengar ulang hasil rekaman suara. Alat ini esensial untuk proses membuat podcast. Belum lagi alat ini akan berfungsi ketika kamu mengadakan interview dengan narasumber melalui platform yang online.

Tidak perlu mahal-mahal, rekomendasi headphone untuk podcaster adalah Audio-Technica ATH-M30x. Namun, yang paling penting adalah, hindari headphone dengan mikrofon karena kualitas keduanya cenderung buruk.

4. Pop Filter

alat podcast

© Amazon.com

Alat ini adalah untuk memperjelas suara kamu dalam rekaman. Memberikan perbedaan pada huruf-huruf yang terdengar sama. Seperti P dan B. Pop Filter akan memperkuat dan menyelaraskan intonasi dan tekanan suara yang terekam di mikrofon.

5. Boom untuk mikrofon

alat untuk podcast

© Amazon.com

Meskipun tidak sepenuhnya diperlukan ketika pertama kali memulai, boom berguna sebagai tempat meletakkan mikrofon. Selain untuk menghindari  kram pada lengan, boom juga memengaruhi kualitas suara rekaman.

6. Komputer

Dikarenakan proses rekaman audio tidak membutuhkan daya komputasi yang berat, komputer bukanlah alat yang diprioritaskan untuk membuat podcast. Tetapi, belakangan ini, produk Apple seperti Macbook Air menjadi rekomendasi komputer untuk podcaster.

Mengapa? Karena software Apple mempermudah proses editting dan audio filtering.

7. Digital Audio Workstation

alat untuk podcast

© Audacity.onl

Sebagai podcaster, Anda memerlukan DAW atau Digital Audio Workstation untuk proses editing dan rekaman yang baik.

Adobe Audition, software yang paling murah pun akan memaksamu untuk merogoh kocek sebesar $20 sebulan untuk berlangganan.

Maka bagi pemula disarankan untuk menggunakan layanan DAW seperti Audicity atau software editing gratis lainnya

8. ID3 Editor

alat untuk podcast

© donwload.cnet.com

Sebagian besar software untuk podcasting dan rekaman akan memberikan kesempatan untuk menandai podcast menggunakan tag ID3. Jika tidak, Anda dapat dengan mudah melakukannya dengan ID3 Editor.

Software ini berguna untuk menyimpan informasi penting seperti judul, nomor rekaman, dan artis di podcast. Bahkan menampilkan sampul album podcast ketika orang mengunduhnya.

Itu dia alat yang diperlukan untuk membuat podcast.

Membuat Studio Podcast

Untuk proyek video podcast yang “serius”, maka diperlukan Studio Podcast. Yang dibutuhkan untuk studio Podcast, selain peralatan di atas adalah:

  1. Ruangan
  2. Meja
  3. Kursi
  4. Dekorasi untuk background
Studio Podcast
Studio Podcast

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *