5 Media Sosial Paling Populer di Dunia

Posted on 12 views
5 Media Sosial Paling Populer di Dunia
5 Media Sosial Paling Populer di Dunia

MEDIA Sosial (social media) sangat banyak. Namun, tidak semuanya disukai warganet. Banyak medsos yang berhentu karena sedikit pengguna. Berikut ini 5 media sosial paling populer di dunia dikutip dari liputan6.com.

Pengguna internet kemungkinan memiliki minimal satu akun media sosial. Kabarnya, orang yang baru “melek internet” biasanya bikin akun Facebook, sebelum membuat akun medsos yang lain.

Tak hanya sebagai ajang berbagi (share) informasi, pengalaman, atau pemikiran dan kegiatan kehidupan sehari-hari, medsos juga bisa digunakan untuk berjualan.

Berdasarkan penelitian We Are Social 2020, rata-rata waktu yang dihabiskan orang Indonesia (usia 16-64 tahun) untuk main medsos mencapai 3 jam 26 menit sehari.

Angka pengguna medsos di Indonesia pun terus meningkat. Sebanyak 59 persen dari total 272,1 juta orang Indonesia adalah pengguna medsos. Angka ini naik 8,1 persen atau 12 juta orang dibandingkan April 2019.

Kini, pengguna medsos di Indonesia mencapai 160 juta orang. Sebanyak 99 persen mengakses media sosial dari smartphone. Tak heran, di banyak tempat, hampir semua orang “tertunduk khusyu” memandangi HP-nya.

5 Media Sosial Paling Populer di Dunia

Berikut adalah 5 medsos terpopuler di dunia, yang juga dipakai orang Indonesia.

1. TikTok

Tiktok adalah aplikasi video. TikTok biasa dipakai untuk membagikan video kreatif, mulai dari bernyanyi, menari, make-up, hingga memasak.

TikTok, juga dikenal sebagai Douyin, adalah sebuah jaringan sosial dan platform video musik asal China yang dluncurkan pada September 2016 oleh Zhang Yiming, pendiri Toutiao. Aplikasi tersebut membolehkan para pemakai untuk membuat video musik pendek mereka sendiri.

TikTok kini menjadi medsos dengan pertumbuhan paling pesat menurut jumlah unduhannya, baik di Google Play Store ataupun AppStore.

Berdasarkan riset Sensor Tower 2020, jumlah unduhan TikTok mencapai lebih dari 300 juta pengguna pada kuartal pertama dan kedua 2020.

2. Facebook

Popularitas Facebook masih bertahan. Pengguna TikTok pun sering membagikan videonya di FB.

Facebook merupakan pelopor medsos untuk berbagi teks, gambar, video, link berita, dan lain-lain. Awalnya Facebook menjadi ajang pertemanan –mencari teman lama dan menemukan teman baru.

Berdasarkan laporan Facebook pada kuartal kedua 2020, pengguna aktif bulanan Facebook mencapai lebih dari 2,7 miliar user. Di Indonesia, lebih dari 115 juta pengguna internet memakai Facebook.

Jadi, Facebook masih eksis ya! Jangan abaikan kekuatan Facebook dan hanya fokus ke medsos lain.

3. Instagram

Instagram memiliki pengguna aktif lebih dari 1 miliar per bulan. Platform Instagram jadi salah satu medsos visual terbesar.

Instagram jadi tempat untuk menyampaikan pesan lewat foto, video, hingga teks. Dilengkapi dengan berbagai filter dan fitur baru pada Stories, Instagram kian diminati oleh para pengguna.

Instagram kini milik Facebook. Popularitas Instagram ditopang oleh para selebritas, artis, atau tokoh populer yang membuat akun IG lalu diikuti fansnya.

Kekuatan IG adalah selalu berisi foto atau video, tidak bisa hanya teks seperti di Facebook atau Twitter. Foto/video adalah konten paling menarik pengguna internet. Apalagi bagi yang “malas baca”.

4. Snapchat

Snapchat menjadi aplikasi pesan mobile yang unik, karena pengguna bisa saling berkirim video dan foto lalu akan terhapus dalam beberapa detik.

Pengguna Snapchat juga bisa membuka video atau foto atau menjadi lebih kreatif dengan menambah teks.

Berdasarkan riset We Are Social 2020, pengguna Snapchat dapat mencapai lebih dari 300 juta per bulannya.

5. Likee

Platform video pendek Likee asal Singapura ini berada di bawah naungan Bigo Technology. Likee berdiri pada 2017 dan memberikan kemudahan untuk pengguna dalam membuat video kreatif.

Likee sendiri memiliki lebih dari 2.000 efek video. Likee tersedia di Google Play Store dan App Store, di lebih dari 200 negara dan kawasan, termasuk Indonesia. Likee kini sudah memiliki lebih dari 150 juta pengguna di seluruh dunia.*

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *